JAM AKU :)

Minggu, 01 November 2015

KRITIK ARSITEKTUR

KRITIK INTERPRETATIF

    1. PENGERTIAN KRITIK INTERPRETATIF
  • Kritikus sebagai seorang interpreter atau pengamat yang sangat personal
  • Bentuk kritik cenderung subjektif namun tanpa ditunggangi oleh klaim doktrin, klaim         objektifitas melalui pengukuran yang terevaluasi.
  • Mempengaruhi pandangan orang lain untuk bisa memandang sebagaimana yang kita lihat
  • Menyajikan satu perspektif baru atas satu objek atau satu cara baru memandang bangunan (biasanya perubahan cara pandang dengan “metafor” terhadap bangunan yang kita lihat)
  • Melalui rasa artistiknya mempengaruhi pengamat merasakan sama sebagaimana yang ia alami
  • Membangun satu karya “bayangan” yang independen melalui bangunan sebagaimana miliknya, ibarat sebuah kendaraan.

2. AMATAN DAN KRITIK INTERPRETATIF PADA DESAIN ARSITEKTUR RESTORAN GUBUG MAKAN MANG ENGKING DEPOK
Restoran Gubug Makan Mang Engking Depok berlokasi di Danau Salam Kampus UI, Jalan Lingkar Utara, Jawa Barat. Restoran ini merupakan restoran khas Sunda dengan menawarkan hidangan ikan air asin atau pun air tawar.
Pada restoran ini yang menjadi ciri khasnya selain makanan khas Sunda dan seafood, adalah desain keseluruhan bangunan saung / gubug yaitu dengan menggunakan bambu mulai dari struktur, lantai, dinding, dan atap.
 
Gubug Makan Mang Engking Depok
 Penerapan bahan bambu ini memberikan kesan dan suasana yang alami dan pedesaan. Selain desainnya yang menggunakan bambu, desain tempat duduk pun dibuat lesehan atau duduk di lantai. Hal ini memberikan suasana akrab dan kebersamaan.
Salah Satu Bangunan Gubug
Selain desain saung bambunya, pengunjung dimanjakan dengan suasana menikmati makanan di pinggir danau. Restoran ini menciptakan sebuah suasana seperti di pedesaan atau di sebuah restoran di pegunungan dengan pemandangan kolam dan lingkungan yang asri. Faktor ini pun yang membuat pengunjung betah untuk berlama – lama di sini sambil menikmati pemandangan hijau dan menenangkan, serta diiringi alunan musik Sunda yang semakin memberikan suasana damai.
Suasana Restoran Dipinggir Danau




Tidak ada komentar:

Posting Komentar